Thursday, September 4, 2014

Gunung Tangkuban Perahu - BANDUNG

Nama Tangkuban Perahu pasti sudah akrab di dengar telinga anda. Wisata Alam yang menawarkan keindahan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif, disebut Tangkuban Perahu karena bentuknya mirip dengan perahu terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu ini mempunyai ketinggian setinggi  2.084 meter. Gunung berbentuk unik ini telah banyak menarik pengunjung baik wisatawan domestik / mancanegara yang datang untuk melihat lebih dekat kawahnya,


Asal usul Gunung Tangkuban Perahu ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dengan keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Ada beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi di sekitar Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak 

Diantara kawah tersebut ada Tiga kawah yang terkenal dan menarik untuk di kunjungi, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.


Kawah Ratu
Kawah Domas
Kawah Upas
Tersedia dua jalan yang dapat dilalui untuk menuju kawah-kawah tersebut. Jalan pertama atau jalan lama dengan kondisi jalan yang lebih sulit dan biasanya di tutup setelah turun hujan karena di anggap membahayakan untuk dilalui dan Jalan Kedua adalah jalan baru yang sudah beraspal yang memudahkan kamu untuk sampai di kawah-kawah tersebut, pada sisi jalan yang berkelok-kelok di tumbuhi banyak bunga terompet dan pohon lainnya. di Kawah Domas bisa untuk merebus telur.

Wisata Gunung Tangkuban perahu terletak di daerah Bandung Utara yaitu di Lembang, letaknya sekitar 30 km arah utara Kota Bandung atau 31 km arah selatan Kota Subang. 

Rute jalan untuk sampai di kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban perahu adalah melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melewati Sukajadi - Setiabudi - Lembang lalu sampai ke lokasi Tangkuban parahu (Gerbang Atas).

Tarif masuk untuk wisatawan lokal akan dikenakan biaya sebesar Rp17.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiket dipatok sebesar Rp75.000, namun tarif bisa saja berubah sewaktu-waktu.




(berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment