Friday, September 5, 2014

Curug Malela - BANDUNG

Ada yang pernah dengar curug mamela ?
Memang air terjun ini begitu asing didengar. Tapi ternyata keindahan air terjun ini benar-benar menakjubkan. Mungkin karena belum terjamah oleh tangan-tangan manusia.

Banyak kalangan menyebutkan bahwa Curug Malela mirip dengan Niagara di Ontario, Canada. Memang ukuran Malela ini jauh lebih kecil dengan debit air yang juga jauh lebih sedikit. Namun, dilihat dari strukturnya bahwa Curug Malela ini memang layak dijuluki Niagara Mini.


Curug Malela ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun yang seakan-akan mengingatkan kita kepada yang maha pencipta agar tidak melupakan shalat 5 (lima) waktu. Jika debit air sedang deras maka akan terlihat kemegahannya yang mempesona, bahkan kalau dilihat dari kejauhan terkesan seperti benang-benang sutra halus. 

Nama Malela sendiri berasal dari nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela. Makam tokoh ini bisa ditemui di atas tebing sebelah kanan curug. Tebing yang konon usia bebatuannya ini berkisar 5 hingga 10 juta tahun ini, terbentuk akibat letusan Gunung Api Purba yang dulu banyak terdapat di selatan Bandung.

Curug ini terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat. Jarak dari kota Bandung + 60 km, dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum.


No comments:

Post a Comment