Friday, September 5, 2014

Curug Cigamea, BOGOR



Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Curug ini berada di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).  Di kawasan ini terdapat juga tiga curug lain, yaitu Curug Seribu,Curug Ngumpet dan Curug Cihurang.

Ada dua air terjun utama di kawasan Curug Cigamea ini; masing-masing memiliki keunikan dan pesona tersendiri. Air terjun pertama memiliki debit air yang lebih kecil. Tercurah menyebar di sepanjang tebing batu hitam. Air terjun kedua ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama.  Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.


Curug Cigamea dari kejauhan
GSE dapat di capai dari Jakarta melalui samping kebun raya, ambil jalan ke arah Leuwiliang, setelah lewat Dermaga Kampus IPB, beberapa kilometer kemudian ada dua buah mini market yang berseberangan belok kiri. memang tidak ada petunjuk jalan, dan jalannya kecil bercabang-cabang, tapi jangan ragu untuk sering-sering bertanya.






No comments:

Post a Comment